Jumat, 29 November 2024

CARA MENCARI MOBIL TERBAIK MASA DEPAN

 


Siapakah yang tidak ingin mencari mobil yang bagus irit BBM dan tidak merongrong?. Mencari dan membeli mobil terbaik bisa menjadi proses yang memerlukan pertimbangan matang, dan hati-hati sekali, serta penuh ketelitian. Karena jika tidak hati-hati kita bukannya senang tapi perut senep alias sedih, terutama kita beli mobil bekas yang tidak kebeneran jajan terus sehingga menguras kantong. Keputusan untuk mencari kendaraan baru adalah melibatkan investasi yang signifikan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda memilih mobil yang tepat dan baik untuk masa depan keluarga kita:
1. Tentukan Kebutuhan Anda
Langkah pertama dalam memilih mobil terbaik adalah memahami kebutuhan pribadi Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:
•    Jumlah penumpang: Apakah Anda membutuhkan mobil untuk keluarga besar atau hanya untuk perjalanan sehari-hari? Hal ini penting kita pertimbangkan karena menyangkut masalah harga dan performance kita.
•    Tipe kendaraan: Apakah Anda membutuhkan sedan, SUV, hatchback, atau mobil listrik? Penting dipertimbangkan jenis mobil yang akan dipilih terkadang tampilannya bagus tetapi hanya sedikit muatannya, ada yang penampilan kurang bagus tetapi banyak penumpangnya.
•    Tujuan penggunaan: Apakah mobil ini digunakan untuk perjalanan jarak jauh, berkendara sehari-hari, atau untuk kebutuhan khusus seperti angkutan barang?
•    Kondisi jalan: Apakah Anda akan lebih sering berkendara di jalan raya, atau lebih sering di jalanan kasar dan berbatu?. Penting mempertimbangkan keadaan jalan agar kita dapat membeli mobil dengan jenis yang tepat.
2. Tentukan Anggaran
Menentukan anggaran adalah langkah penting berikutnya. Jangan hanya fokus pada harga mobil, tetapi pertimbangkan juga biaya operasional seperti:
•    Pajak kendaraan
•    Biaya asuransi
•    Perawatan dan suku cadang
•    Efisiensi bahan bakar atau konsumsi energi
Pastikan anggaran Anda sesuai dengan kemampuan finansial, dan pikirkan apakah Anda ingin membeli mobil baru atau bekas. Mobil baru cenderung lebih mahal, namun mobil bekas bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis jika Anda dapat menemukan yang masih dalam kondisi baik. Ada plus minusnya Ketika kita membeli mobil baru atau bekas. Kalau kita membeli mobil baru jangka 5 tahun tentu kita tidak akan direpotkan dengan penggantian spare part tetapi harganya mahal. Memang jika kita pas bener mendapatkan mobil bekas yang bagus tentu akan beruntung apalagi harganya masih murah.
3. Riset Merek dan Model Mobil
Melakukan riset tentang berbagai merek dan model mobil sangat penting untuk menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat riset:
•    Reputasi merek: Pilih merek yang dikenal memiliki kualitas dan layanan purna jual yang baik.
•    Ulasan dan rating: Cari informasi tentang keandalan dan performa model mobil yang Anda incar melalui situs web, forum, dan ulasan konsumen.
•    Fitur keselamatan: Pastikan mobil dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti airbags, ABS, kontrol traksi, dan sistem peringatan tabrakan.
•    Konsumsi bahan bakar: Cari model yang efisien dalam penggunaan bahan bakar, apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan jauh.
4. Cek Mobil secara Langsung
Jika Anda sudah menemukan pilihan mobil yang cocok, langkah selanjutnya adalah memeriksa mobil secara langsung:
•    Tes Drive: Cobalah mobil tersebut untuk merasakan kenyamanan, performa, dan fitur-fitur yang ditawarkan.
•    Cek kondisi fisik: Periksa bodi mobil, interior, serta kondisi mesin dan kelengkapan lainnya.
•    Periksa riwayat pemeliharaan (untuk mobil bekas): Pastikan mobil tersebut sudah dirawat dengan baik dan tidak memiliki masalah teknis.
5. Pertimbangkan Pembiayaan
Jika Anda memerlukan pembiayaan, pastikan Anda memeriksa berbagai opsi, seperti kredit mobil atau pinjaman dari bank. Bandingkan bunga, tenor, dan syarat lainnya. Pilih opsi yang sesuai dengan kemampuan pembayaran bulanan Anda.
6. Tawar Menawar Harga
Jika Anda membeli mobil dari dealer, jangan ragu untuk menawar harga. Banyak dealer yang menawarkan diskon atau promo khusus yang bisa mengurangi total harga. Jika membeli mobil bekas, pastikan Anda mendapatkan harga yang wajar berdasarkan kondisi mobil dan harga pasar.
7. Periksa Surat dan Legalitas
Terakhir, pastikan semua dokumen mobil lengkap dan sah. Ini termasuk:
•    STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
•    BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
•    Faktur atau Nota Pembelian
•    Cek kelengkapan dokumen lainnya, seperti cek fisik kendaraan dan cek pajak kendaraan.
8. Layanan Purna Jual
Pastikan dealer atau penjual menyediakan layanan purna jual yang baik, seperti garansi dan jaringan bengkel resmi yang mudah diakses. Ini akan sangat membantu Anda jika terjadi kerusakan atau masalah pada mobil di masa mendatang.
Kesimpulan
Membeli mobil terbaik memerlukan riset dan pertimbangan yang matang, mulai dari anggaran hingga fitur dan kenyamanan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan mobil yang tepat untuk kebutuhan dan gaya hidup Anda. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan dan pastikan Anda merasa puas dengan pilihan yang diambil. Jangan sampai kita menyesal setelah kita membeli yang pada akhirnya mobil kita salah pilihan. Maka sebelum membeli mobil harus cermat, teliti dan hati-hati agar kita mendapatkannya puas.
 

Sejarah Pati Kota Bumi Mina Tani Dimana Saya Dilahirkan

 


Pati adalah kota kelahiran saya, namun saya tidak lahir di Tengah-tengah kota Pati melainkan Pati Selatan tepatnya di desa Kayen dekat makam Syekh jangkung landoh. Bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke makam syekh jangkung Landoh pasti akan terheran-heran, karena makam Syekh Jangkung Landoh yang dikenal dengan Saridin ini ibaratnya orang mati bisa menghidupi orang hidup. Bagaimana tidak di sekelilingnya banyak orang yang berjualan menggantungkan hidupnya di makam Saridin ini. Kota Pati adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini mamiliki tagline Kota Bumi Mina Tani Kota yang memiliki sejarah yang panjang dan kaya, yang berawal dari zaman kerajaan hingga masa kemerdekaan dan berkembang menjadi kota yang berkembang pesat dan penting di Jawa Tengah. Dimana kota Pati ini adalah karesidenan yang didalamnya kota Blora, Kudus dan Jepara.
Sejarah Awal Pati
1.    Zaman Kerajaan (Abad ke-9 – ke-15) Sejarah Kota Pati dapat ditelusuri melalui zaman kerajaan Hindu-Buddha yang ada di Indonesia. Pati pada masa itu merupakan bagian dari kerajaan besar yang ada di Pulau Jawa. Salah satu kerajaan yang memengaruhi wilayah Pati adalah Kerajaan Majapahit yang berdiri pada abad ke-14. Pada masa ini, Pati menjadi wilayah yang cukup penting karena letaknya yang strategis di pesisir utara Jawa, serta sebagai jalur perdagangan yang menghubungkan Jawa dengan wilayah lain di Indonesia.
Penemuan Prasasti
Prasasti-prasasti yang ditemukan di sekitar wilayah Pati menunjukkan kota tersebut memiliki situs dan berbagai legenda sejarah yang tak terpisahkan kekayaan nasional dari adanya kehidupan masyarakat yang sudah terorganisir dengan baik pada masa itu. Salah satunya adalah Prasasti Pati, yang diperkirakan dikeluarkan pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.
2.    Kerajaan Demak dan Pati sebagai Bagian dari Wilayah Demak
Pada abad ke-15, Pati masuk dalam pengaruh Kerajaan Demak, kerajaan Islam pertama di Jawa. Sebagai salah satu wilayah pesisir yang dekat dengan pelabuhan, Pati menjadi salah satu daerah penting dalam penyebaran agama Islam. Berdasarkan sejarah lokal, Pati juga dianggap sebagai tempat yang memiliki banyak ulama dan tokoh penting dalam perkembangan Islam di Jawa.
3.    Pati dalam Masa Kesultanan Mataram
Setelah runtuhnya Kerajaan Demak, wilayah Pati menjadi bagian dari Kesultanan Mataram pada abad ke-16. Mataram pada masa ini memperluas pengaruhnya hingga ke pesisir utara, termasuk Pati. Dalam masa ini, Pati mulai berkembang menjadi daerah agraris yang penting, selain sebagai pusat perdagangan.
Masa Kolonial dan Perjuangan Kemerdekaan
1.    Pati di Masa Penjajahan Belanda
Pada masa penjajahan Belanda, Pati termasuk dalam wilayah yang dikuasai oleh pemerintah kolonial. Pada masa ini, Pati berkembang sebagai pusat perdagangan hasil pertanian, terutama tembakau dan kelapa. Namun, Belanda juga menerapkan sistem tanam paksa yang memberi dampak buruk bagi kesejahteraan rakyat Pati pada waktu itu.
2.    Perjuangan Kemerdekaan
 Ketika Indonesia berjuang untuk merdeka dari penjajahan Belanda, Pati tidak ketinggalan dalam perlawanan terhadap kolonialisme. Selama masa Revolusi Nasional Indonesia (1945–1949), Pati menjadi daerah yang aktif dalam perlawanan terhadap pasukan Belanda. Salah satu peristiwa bersejarah adalah pertempuran antara tentara Indonesia dan Belanda yang terjadi di wilayah Pati, yang menunjukkan semangat perjuangan rakyat untuk mencapai kemerdekaan.
Pati Pasca Kemerdekaan
1.    Pati sebagai Kabupaten
 Setelah Indonesia merdeka, Pati menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten Pati pada saat itu meliputi wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan wilayah Kota Pati saat ini. Kabupaten Pati mencakup daerah-daerah seperti Juwana, Trangkil, dan Gembong yang dikenal dengan sektor pertanian dan kelautannya.
2.    Kota Pati Berdiri
Kota Pati, yang pada mulanya merupakan bagian dari Kabupaten Pati, akhirnya disahkan menjadi kota otonom pada tahun 2002. Dengan status ini, Pati berkembang menjadi sebuah kota yang memiliki peran penting dalam perekonomian dan budaya di Provinsi Jawa Tengah.
Pati Modern
Saat ini, Kota Pati dikenal sebagai kota yang berkembang pesat. Selain sektor pertanian dan kelautan, Pati juga mengandalkan industri kecil dan menengah, serta sektor perdagangan. Kota ini memiliki banyak potensi wisata, seperti wisata alam, sejarah, dan budaya. Pati juga merupakan pusat pendidikan dan kegiatan sosial yang penting bagi wilayah Jawa Tengah bagian utara.
Kecamatan Yang Ada di Kota Pati
Kecamatan yang ada di Kota Pati antara lain Kayen, Sukolilo, Tambakromo, Gabus, Jakenan, Wedarijaksa, Juwana, Tayu, dll.
Demikianlah gambaran singkat mengenai sejarah Kota Pati, dari masa kerajaan hingga berkembang menjadi kota otonom yang ada saat ini. Semoga kota Pati tempat kelahiran saya menjadi kota yang maju dan rakyatnya bertambah Sejahtera. Aamiin.

 

Pengalaman Mengunjungi Menara Petronas, Kuala Lumpur Pada tahun 2006

 


Pada tahun 2006 di suatu hari yang cerah, saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu ikon paling terkenal di Malaysia, apalagi kalau bukan Menara Petronas. Menara yang terletak di pusat Kuala Lumpur ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia tentu  menjadi simbol kebanggaan negara Malaysia.Kepergian saya ke Malaysia kali ini bukan untuk piknik bersama keluarga, tetapi untuk mendampingi anggota DPD untuk studi banding tentang RUU DKI. Karena bukan untuk piknik, maka kepergian saya ke Malaysia ini penuh beban karena dalam rangka menjalankan tugas negara.
Sebelum saya tiba di Menara Petronas, saya tidak melihat ada pedagang asongan yang bersliweran di jalanan juga tidak saya dapati pak ogah yang ikut membantu jalannya lalu lintas tanpa mendapatkan surat tugas dari negara kalau tidak dikasih uang ribuan kadang membaret mobil kita. Saya memulai perjalanan dengan tiba di area sekitar Menara Petronas yang dikenal dengan nama Suria KLCC, sebuah pusat perbelanjaan mewah yang terletak di bawah gedung. Dari perbelanjaan ini, saya bisa melihat menara yang menjulang tinggi, dengan desain arsitektur modern yang sangat mengesankan. Menara ini memiliki dua menara kembar yang terhubung oleh sebuah jembatan yang disebut Skybridge.
Sebelum naik ke puncak menara, terlebih dahulu saya membeli tiket untuk tur dimaksudkan untuk mengajak pengunjung menjelajahi area observasi di lantai 86 dan Skybridge. Pemeriksaan keamanan lumayan ketat, saya naik menggunakan lift kecepatannya luar biasa. Di dalam lift, saya merasa tidak percaya naik lift yang begitu cepat tetapi sampai ketinggian yang paling atas.
Sesampainya di lantai 86, saya langsung disambut dengan pemandangan yang luar biasa indah. Saya dapat melihat seluruh kota Kuala Lumpur dari ketinggian, dengan latar belakang Gunung Titiwangsa di kejauhan. Menara KL, pusat kota, dan gedung-gedung pencakar langit lainnya tampak sangat kecil dari atas, memberikan perspektif yang sangat berbeda. Tidak hanya itu, saya juga bisa melihat bagaimana kawasan Kuala Lumpur berkembang pesat melihat begitu banyak bangunan baru yang sedang dibangun menandakan bahwa negara Malaysia ekonominya sangat baik.
Setelah menikmati pemandangan dari lantai observasi, saya pun mengunjungi Skybridge yang terletak di lantai 41 dan 42, yang menghubungkan kedua menara. Ketika berjalan di atas jembatan kaca ini perasaan sangat mendebarkan karena kita bisa melihat ke bawah dan merasakan betapa tingginya menara tersebut.
Selesai tur, saya menghabiskan waktu sejenak untuk bersantai di Suria KLCC sambil menikmati secangkir kopi. Kunjungan ini memberi saya kesan mendalam tentang kemegahan dan prestasi arsitektur yang luar biasa. Menara Petronas tidak hanya menjadi simbol kemajuan teknologi dan ekonomi Malaysia, tetapi juga menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.
Selesai saya berkunjung ke Petronas saya bersama anggota DPD RI berkunjung ke Genting Hign Land tempat perjudian terbesar di Malaysia. Bagi warga negara Malaysia muslim tidak diperkenkan masuk arena perjudian namun bagi negara asing terlepas suku dan agamanya apa pun diperbolehkan untuk masuk arena perjudian tsb. Didalam tata tertib di arena perjudian tsb tidak diperbolehkan untuk mengambil foto. Begutulah kesan dan pesan saya ketika mengunjungi Menara Kembar Malaysia dan High Genting Land.

 

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN TEST ASN MELALUI CAT

 

Zaman sudah berubah aturan juga harus berubah mengikuti perkembangan zaman, sebab bila tidak maka aturan itu tidak dapat menjawab tantangan masa kini.  Perubahan Zaman itu ditunjukkan antara lain dengan test ASN diselenggarakan melalui CAT (Computer Assisted Test). Ketika tahun 1980-an test ASN diselenggarakan dengan cara manual yang berpotensi adanya kecurangan karena adanya intervensi manusia. Sebelum diselenggarakan ASN melalui CAT banyak terdengar untuk masuk PNS harus melalui ORDAL (Orang Dalam), pada zaman itu kalau tidak punya ORDAL akan sulit diterima menjadi PNS. Namun demikian tst ASN melalui CAT ini tetap saja ada kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihan Test ASN melalui CAT:
1.    Proses Ujian yang Cepat dan Efisien: Test ASN menggunakan sistem CAT pelaksanaan proses ujian berlangsung lebih cepat, efisien, obyektif dan adil. Hasil ujian langsung dihitung dan diproses oleh sistem, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil ujian menjadi lebih singkat. CAT memberikan hasil yang lebih objektif karena menggunakan sistem komputer yang mengurangi kemungkinan manipulasi atau intervensi manusia. Skor langsung dihitung dan hasil dapat diketahui dengan cepat.
2.    Transparansi dan Akurasi Hasil: Sistem CAT memberikan hasil yang lebih akurat dan transparan karena penilaiannya dilakukan oleh komputer tanpa campur tangan manusia. Hal ini mengurangi kemungkinan adanya bias dalam penilaian.
3.    Kemudahan dalam Pengawasan: Dengan CAT, pengawasan ujian menjadi lebih mudah dilakukan. Sistem ini memungkinkan pemantauan langsung dari pusat, sehingga dapat mencegah kecurangan dan memastikan proses ujian berjalan secara adil.
4.    Mengurangi Kecurangan: CAT dilengkapi dengan berbagai fitur pengamanan seperti pengacak soal, pengawasan digital, dan pelacakan perilaku peserta ujian, yang membuat kemungkinan kecurangan menjadi lebih kecil.
5.    Sistem yang Mudah Digunakan: Bagi peserta ujian, CAT memiliki antarmuka yang user-friendly dan mudah digunakan. Hal ini memudahkan peserta dalam memahami dan menjawab soal-soal ujian tanpa kebingungan.
6.    Fleksibilitas dan Akses yang Lebih Luas: Ujian dapat dilaksanakan di berbagai lokasi dengan fasilitas komputer, memberikan kesempatan bagi peserta dari berbagai daerah untuk mengikuti ujian tanpa harus datang ke lokasi tertentu.
Kelemahan Test ASN melalui CAT:
1.    Ketergantungan pada Fasilitas Teknologi: Ujian berbasis CAT sangat bergantung pada ketersediaan perangkat keras dan jaringan internet yang stabil. Jika salah satu komponen ini bermasalah, dapat mengganggu jalannya ujian, bahkan menyebabkan kegagalan dalam pelaksanaan ujian.
2.    Kesulitan Bagi Peserta yang Tidak Terbiasa dengan Teknologi: Peserta yang kurang familiar dengan penggunaan komputer atau teknologi mungkin akan merasa kesulitan dalam mengikuti ujian. Hal ini bisa mempengaruhi hasil ujian mereka, meskipun mereka memiliki kemampuan akademik yang baik.
3.    Gangguan Teknis: Seperti ujian berbasis komputer lainnya, CAT juga rentan terhadap gangguan teknis, seperti kegagalan perangkat keras, kerusakan sistem, atau masalah koneksi internet. Hal ini bisa menambah stres bagi peserta ujian dan mengganggu konsentrasi mereka.
4.    Membutuhkan Infrastruktur yang Memadai: Untuk melaksanakan ujian berbasis CAT secara efektif, diperlukan infrastruktur yang memadai, seperti perangkat komputer yang cukup dan ruang ujian yang nyaman. Di beberapa daerah yang memiliki akses terbatas terhadap teknologi, hal ini bisa menjadi tantangan.
5.    Tantangan untuk Soal yang Lebih Kompleks: Meskipun CAT sangat cocok untuk soal-soal berbentuk pilihan ganda atau jawaban singkat, untuk soal-soal yang lebih kompleks atau berbentuk esai, sistem ini mungkin tidak dapat memberikan pengalaman ujian yang maksimal bagi peserta.
6.    Risiko Keamanan Data: Keamanan data peserta ujian menjadi perhatian penting. Jika sistem CAT tidak memiliki perlindungan yang kuat, ada Potensi risiko kebocoran data pribadi atau manipulasi hasil ujian yang dapat merugikan peserta.
 
Dengan adanya kelebihan dan kelemahan ini, penyelenggaraan ujian ASN melalui CAT harus dilakukan dengan perhatian yang cermat terhadap infrastruktur, pelatihan peserta, dan pengamanan data untuk memastikan ujian berjalan lancar dan adil serta efektif. Dengan demikian diharapkan akan lahir  ASN yang kredible dan kompten dalam melaksanakan tugasnya untuk pengabdian kepada Masyarakat bangsa dan negara.


Senin, 25 November 2024

ALHAMDULILLAH ANAK SAYA LULUS SKD TEST ASN di KEMENTERIAN ESDM SUMBER DAYA MINERAL UJIAN BERTEMPAT DI PPK KEMAYORAN

 

 

Foto Anak Saya Test ASN di Gedung PPK Kemayoran Pada hari Minggu, Tanggal 27 Oktober 2024
 


Pada hari Minggu, tanggal 27 Oktober 2024 saya mengantarkan anak saya seleksi TKD (Test Kompetensi Dasar) masuk ASN di Kementerian Sumber Daya Mineral bertempat di Gedung PPK (Pusat Pengelolaan Komplek) Kemayoran di Jalan Merpati Kemayoran Jakarta Pusat. Pelaksanaan seleksi dimulai pada pukul 15.00 WIB satu jam sebelumnya peserta sudah harus sampai di Lokasi untuk melakukan registrasi, tetapi karena rumah saya nun jauh di Tangerang saya sudah berangkat dari jam 10.00 pagi untuk menghindari kemacetan selain masih ada waktu luang mencari Lokasi PPK tempat diadakannya ujian. Pada malam harinya saya beserta anak yang ikut seleksi dan istri sudah survei lokasi tempat test yang berada di Gedung PPK Kemayoran, tetapi oleh Google justru kendaraan saya diputar-putar kesana kemari akhirnya tidak ketemu maka saya putuskan beserta keluarga untuk pulang kembali dengan perasaan penuh kecewa. Pada hari Minggu pelaksanaan ujian SKD, saya berangkat menuju PPK Kemayoran saya rubah meminta petunjuk mbah Google dengan mengetik  di jalan Merpati Kemayoran, oleh mbah google Jalan Merpati langsung ketemu tidak perlu muter-muter segala sangat mudah mencari jalan Merpati Kemayoran Jakarta Pusat karena berdekatan dengan kantor imigrasi ketimbang mencari PPK Kemayoran. Tetapi mengapa bertanya mbah google tempat PPK justru diputar-putar dan diblusukkan kemana-mana sampai tidak ketemu?. Padahal kadang di kampung saja mbah google cerdas dan tepat ketika saya mencari Lokasi. Namanya mbah google kadang kalau bener bagus dapat membantu kita tetapi kalau tidak bener justru menyesatkan dan menyakitkan hati karena kita diputar-putar tidak karuan.

Melihat Antusiasme Banyak Yang Ingin Menjadi ASN
Saya melihat dengan mata kepala sendiri betapa banyak anak-anak sekarang yang jatuh cinta ingin menjadikan profesi ASN, maklum selain dapat gaji tetap, hari tua ada jaminan pensiun dari pemerintah, juga mendapatkan tunkin alias tunjangan kinerja setiap bulan jumlahnya cukup besar hal inilah yang menjadi dambaan anak-anak sekarang ingin menjadi seorang PNS. Dan saya yang pernah menjadi PNS tidak munafik selain mendapatkan gaji pokok, uang paket dan uang sidang di Sekretariat Jenderal MPR juga mendapatkan uang kaget-kagetan dari kepala bagian saya ketika masih bekerja menjadi PNS Sekretariat Jenderal MPR RI. Berbeda di era tahun 1980-an banyak orang-orang yang tidak mau menjadi PNS dengan alasan gajinya sangat kecil, dunia memang berputar sekarang justru PNS menjadi primadona diburu dan dikejar banyak orang karena gaji dan tunjangannya yang lumayan cukup.

Seleksi ASN Sekarang semakin transparan
Untuk saat ini saya akui untuk menjadi PNS seleksinya cukup transparan karena begitu selesai ujian hasil ujiannya dapat diketahuinya, tidak pakai ditunda segala atau pakai ujian kertas yang memungkinkan dikoreksi orang yang berpotensi masih terbuka ruang KKN. Misalnya tes TKD (Test Kompetensi Dasar) dengan sistem CAT (computer assisted test) tidak memungkinkan untuk KKN karena nilai akan langsung diumumkan bahkan khabarnya orang luar bisa melihat melalui real time di youtube. Jadi anak siapa saja termasuk anak presiden jika tidak bisa mengerjakan soal ujian tentunya tidak akan lulus. Inilah keadilan mulai hadir di negara kita tercinta Indonesia. Inilah salah satu kemajuan Indonesia dalam merekrut ASN dengan transparansi dan obyektif. Berbeda dengan era 1980an untuk  menjadi PNS jika tidak ada yang membawa atau tidak punya orang dalam (ORDAL) akan sangat sulit bisa masuk kelembagaan atau Kementerian. Hal ini karena saya tahu pernah berpengalaman menjadi PNS sejak 1997 di Sekretariat Jenderal MPR dan akhirnya saya berhenti dengan hormat pada tahun 2008 karena konflik bathin punya ijazah S1 dan S2 belum disesuaikan juga. Sedih  masuk dengan start golongan IIa dari SMA kalau saya teruskan akan tetap menjadi staf alias kuli di Sekretariat Jenderal MPR.
Pada Saat Anak Saya Ujian Saya Menunggunya di Masjid Al-Hidayah Kemayoran Sambil Shalat
Jam 15.00 anak saya baru mulai mengerjakan soal ujian saya tungguin di masjid Al-Hidayah Kemayoran sesuai jadwal akan berakhir pada pukul 17.00 tentu sebagai orang tua mendoakan kiranya anak saya dapat diterima dan menjadi seorang PNS yang baik. Kalau tidak diterima itu berarti belum rezekinya masih ada kesempatan terbuka lebar yang terpenting jangan putus asa Allah SWT pasti akan membukakan pintu Rahmat dan rezeki. Sekaligus saya berpesan kepada adik-adik sekalian kegagalan masuk PNS bukanlah akhir dari kehidupan masih banyak pekerjaan atau profesi lain yang bisa kita dapatkan tidak terbatas hanya menjadi seorang PNS belaka. Ibaratnya yang diberikan rezeki oleh Allah SWT itu bukan hanya seorang PNS saja pekerjaan didunia ini dibuka seluas-luasnya asal kita mau berusaha pasti akan mendapatkannya, itu adalah janji Allah SWT yang maha memberi rezeki. Tentu bagi yang diterima PNS tahun ini perlu bersyukur, karena ini adalah anugerah Allah SWT terbesar dalam hidup ini, betapa ribuan orang yang mendaftar tapi adik-adik ada yang diterima PNS. Tetapi bagi yang belum diterima jangan putus asa tetap berusaha semaksimal mungkin pastikan dan yakinkan bukan hanya PNS saja yang bisa memberi kehidupan masih banyak terbentang pekerjaan yang akan menanti kita.

Selesai Ujian Anak Saya Tungguin Belum Juga Keluar-Keluar
Sudah Jam 17.00 lebih para peserta ujian TKD di PPK Kemayoran pada keluar, tetapi saya menungguin anak saya belum juga keluar-keluar, padahal yang lain sudah pada keluar semua. Lama saya tungguin belum keluar, akhirnya keluar juga dengan senyum-senyum melihat HP langsung saya rangkul saya tanya bagaimana hasilnya?. Anak saya bilang menurut temannya ranking 3 dari 450 orang yang ikut seleksi di Gedung PPK sesi sore ini. Saya bilang kok kata temen?. Katanya temennya dari luar bisa memantau hasil ujian TKD yang real time di youtube. Karuan saja saya ucapkan selamat karena bisa meraih ranking 3 dari 450 orang itu tidaklah mudah. Saya rangkul erat-erat anak saya dan ucapkan selamat atas nilai TKD 455 yang diraih. Sebab soalnya pastilah susah saya saja tidak bisa mengerjakan. Tapi itu ranking sesi test TKD sore di Gedung PPK itu belum nilai diadu secara nasional. Kemudian besok harinya anak saya memberitahu bahwa rankingnya secara nasional melorot dari 3 menjadi 7 kemudian di hari berikutnya memberitahu lagi dari ranking 7 nasional melorot menjadi ranking 10 secara nasional di Kementerian ESDM Sumber Daya Mineral. Kata anak saya test TKD terakhir di Serang pada tanggal 3 Nopember 2024 mudah-mudahan anak saya tidak ke gusur lagi.

Berat Untuk Bisa Masuk PNS ESDM Yang Diambil 6 orang yang ikut test ribuan
Untuk Masuk ASN kata anak saya untuk lolos administrasi saja sudah berat kemudian mengikuti test TKD juga susah soalnya. Yang akan diambil untuk mengikuti test kompetensi bidang, wawancara dan psikotest nanti 18 besar, dari 18 besar tsb secara final akan diambil 6 orang untuk ditetapkan sebagai ASN di Kementerian ESDM, betapa berat dan susahnya untuk menjadi PNS sekarang.

Pengumuman SKD Tanggal 18 Nopember 2024 Anak Saya Lulus SKD urutan 8 Besar dari 18 Besar Yang Akan Mengikuti Psikotest, Wawancara dan Test Bidang
Alhamdulillah setahap perjuangan berhasil dilalui pada tanggal 18 Nopember 2024 pengumuman SKD di Kementerian ESDM anak saya menempati urutan ke-8 besar dari 18 orang yang akan mengikuti test bidang, wawancara dan psikotest. Tentu orang tua tak henti-hentinya berdo’a kiranya anak saya dapat diterima di Kementerian ESDM dan Sumber Daya Mineral yang finalnya nanti akan diambil 6 orang untuk ditetapkan menjadi ASN untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Saya sebagai orang tua hanya bisa mengetuk pintu langit memohon kepada Allah SWT kiranya anak saya termasuk 6 orang yang diterima tahun ini menjadi ASN di Kementerian ESDM Sumber Daya Mineral. Aamiin.
 

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

Proses Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Berbagai Permasalahannya

  Proses Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Berbagai Permasalahannya Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19