Rabu, 06 Juli 2022

Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh Kayen Pati “Orang Mati” Bisa Menghidupi “Orang Hidup”

 

 


 

Kata-kata orang mati bisa menghidupi orang hidup jika dibaca sekilas bisa terjadi kontradiktif, tetapi agar kita tidak gagal paham maka sebaiknya teruslah membaca tulisan ini agar dapat pemahaman secara utuh dan komprehensif. Itu Fakta bahwa “orang mati” bisa menghidupi orang hidup karena di sekitar makam waliyullah mbah Jangkung tsb mayoritas warga berjualan yang hasilnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Makam mbah Syekh Jangkung atau nama aslinya Saridin tahun 1970an sangat sepi sekali saya masih ingat betul ketika saya masih kecil lewat di pekuburan itu sangat takut sekali gelap gulita boro-boro ada listrik, kalau lewat kuburan itu pasti kepala saya tutupi dengan sarung. Pada tahun 1970an yang punya TV meski hitam putih hanya pak Lurah sehingga saya menonton TV sampai ke tempat pak Lurah desa Kayen Pati yang jauhnya dari dusun saya sekitar 3Km. Sekarang makam Sykeh Jangkung Landoh sangat ramai sekali pengunjungnya, baik pengunjung dari domestik bahkan dari mancanegara berdatangan seperti Malaysia dan Brunai Darussalam banyak warga yang berbondong-bondong berziarah karena menurutnya apa yang dicita-citakan berhasil sehingga bersyukur kepada Allah SWT dengan “manganan” bancakan motong ayam atau kambing di sekitar makam untuk di makan penduduk setempat. Kesan dan Pesan Ketika saya Berziarah Ke Makam Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh,  pertama kali karena saya lulus ujian SMP saya bersyukur kepada Allah SWT atas kelulusan tsb. Berziarah ke makam mbah Jangkung Landoh harus berhati-hati, janganlah kita meminta kepada orang yang sudah mati, tetapi doakanlah wali Allah SWT tsb, seraya kita memohon kepada Allah SWT semoga hajat kita terkabul. Pengalaman saya ziarah ke makam Syekh Jangkung Landoh saya lihat ada orang yang menangis-nangis hingga memeluk patoknya (pusaranya) hal ini tidak dibolehkan, waktu itu saya intip ada yang menangi-nangis memeluk patoknya mbah Syekh Jangkung, Saya waktu lulus SMP memiliki nadzar jika lulus ujian akan tasyakkuran di wali Allah SWT yang punya nama asli Saridin tsb. Rumah saya dengan makam Syekh Jangkung Landoh  tidak jauh berjarak sekira 750m2. Pengunjung mbah Jangkung memang ramai sekali apalagi ketika Haul salah satu karomah atau  kelebihan mbah Syekh Jangkung Landoh ketika ditanya oleh gurunya sunan Kudus sedang mengerjakan apa ngoprak-ngoprak comberan jawaban Saridin mau cari ikan. Sunan Kudus tambah bertanya memangnya di peceren itu ada ikannya Saridin?. Jawaban Saridin dengan lugu dan kontan bilang ada. Saridin membuktikan peceren itu memang benar-benar ada ikannya yang tambah membikin Sunan Kudus terkaget-kaget. Saking kagetnya Sunan Kudus bertanya lagi, apakah didalam air kelapa ini juga ada ikannya Din?. Dengan yakin dan mantap serta tegas Saridin menjawab ada, Sunan Kudus bilang coba kalau memang air kelapa itu ada ikannya dibelah, ternyata setelah kelapanya dipecah didalamnya benar-benar ada ikannya. Inilah salah satu karomah yang dimiliki Saridin atau mbah Sjekh Jangkung Landoh yang makamnya terletak di desa Landoh, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa-Tengah. Pengalaman saya pertama kali berziarah di makam Mbah Syekh Jangkung Landoh saya takut dan gemetar melihat pusaranya setelah itu tidak takut lagi bahkan dengan kawan-kawan se kampung saya sering menginap di pendopo makam mbah Syekh Jangkung Landoh untuk tahlilan dan mendoakan wali Allah tsb.

 



Kesan dan Pesan Ketika Berziarah Ke Makam Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh

Kesan dan Pesan Ketika Berziarah Ke Makam Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh agar kita tidak meminta kepada orang yang sudah mati, jika kita meminta kepada orang yang sudah mati hukumnya Syirik. Warga Pati Jawa-Tengah bahkan sampai manca negara sudah mengenal makam Syekh Jangkung Landoh yang dikenal dengan nama Saridin. Saridin memang punya kelebihan orang yang “sudah meninggal” bisa menghidupi orang yang masih hidup di sekitarnya dengan cara berjualan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Peziarah tidak hanya dari wilayah Jawa-Tengah saya lihat ada yang dari Tangerang bahkan Luar Negeri seperti Malaysia. Padahal waktu saya masih kecil sepi banget dan angker  serta menakutkan. Dalam sejarah Saridin juga sempat membuat geger Pesantren Sunan Kudus, ketika Saridin tidak kebagian ember untuk mengangsu atau mengambil air teman-teman Saridin meledek, minta Saridin ngangsu pakai keranjang saja. SARIDIN yang polos itu mau saja mengangsu dengan keranjang, anehnya air tersebut tidak mbrojol dari keranjangnya Saridin menjadi ontran-ontran di Bumi Kudus. 

 

Saridin Yang Sudah Mati Bisa Menghidupi Orang Yang Hidup.

Kesan dan Pesan Ketika Berziarah Ke Makam Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh amanat bapak saya agar tidak meminta kepada mbah Syekh Jangkung orang yang sudah mati tetapi meminta hanya kepada Allah SWT saja. Ingat, jangan sampai kita salah tujuan kalau berziarah, kita harus meminta kepada Allah SWT sambil mendo'akan waliyullah Saridin tersebut. Pengalaman saya ziarah ke makam mbah Syekh Jangkung Landoh luar biasa suasana religiusnya, saya sering guyonan dengan teman saya, Saridin yang sudah meninggal ini Allah SWT berikan karomah justru bisa menghidupi orang yang masih hidup di sekelilingnya. Karena di sekeliling makam Saridin tumbuh kembang ekonomi kerakyatan banyak pedagang yang berjualan di sekitaran pemakaman siang dan malam, ramainya lagi jika ada haul mbah Jangkung Landoh, Lautan Manusia tidak bisa dipiyak dan meluber dijalanan.

 

Kesan dan Pesan Ketika Berziarah Ke Makam Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh ketika itu saya lulus SMP tahun 1980 syukuran di makam Syekh Jangkung Landoh, saya laksanakan nadzar itu dengan memotong ayam untuk bancakan di Sarean Landoh. Kesan dan Pesan Ketika Berziarah Ke Makam Waliyullah Mbah Syekh Jangkung Landoh pertama kalinya tahun 1980 saya bisa masuk pemakaman utamanya langsung di depan pusaranya. Begitu juga tahun 1997 ketika saya diterima  PNS MPR dan bisa punya uang 5juta saya syukuran kepada Allah SWT  di tempat mbah Jangkung Landoh. waktu itu saya pikir imposible bakalan punya uang 5juta rupiah.  Alhamdulillah keinginan dikabulkan oleh Allah SWT karena setelah pak Harto lengser dari jabatan Presiden pada hari Kamis 21 Mei 1998 MPR punya kegiatan bersidang terus sehingga pegawai MPR  dapat uang sidang, uang paket dan macam-macam tunjangan. 

Begitulah cara berziarah ke makam mbah Syekh Jangkung Landoh yang baik jangan minta kepada orang mati tapi doakanlah semoga almarhum Husnul Khatimah. Kita harus meminta kepada Allah SWT bukan kepada mbah Jangkung Landoh, jangan dibalik kita meminta kepada mbah Syekh Jangkung Landoh karena itu dapat berakibat syirik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19