Senin, 15 Januari 2024

Trik Atau Cara Menabung Untuk Umrah dan Haji Jangan Pakai ATM Agar Tidak Mudah di Gesek di Bank Syariah Indonesia di KCP Karawaci Mutiara, Tangerang

 

 

                               Mengantar istri di Bank Syariah Indonesia, KCP Mutiara Karawaci Tangerang


 

Pada hari Senin, 15 Januari 2024 saya mengantar istri di Bank Syariah Indonesia KCP Karawaci Mutiara Kabupaten Tangerang. Rekan-rekan sekalian teruskan membaca blog ini saya memiliki saran jika kita ingin berminat kesungguhan untuk umrah atau haji niatkan dengan sungguh-sungguh berapa pun uang yang kita miliki mulailah menabung jangan ditunda-tunda tapi menabung hendaklah dengan cerdas dengan cara memisahkan khusus untuk Tabungan umrah atau haji jangan campur aduk dengan Tabungan yang untuk operasional kebutuhan hidup sehari-hari sebab jika Tabungan umrah atau haji kita campur dengan diberikan fasilitas ATM, berapa pun ATM yang kita miliki maka akan mudah untuk di gesak-gesek karena rasanya tangan ini gatel terpancing dengan pembelanjaan yang menjadi keinginan hidup bukan kebutuhan hidup. Merk HP yang selalu bergonta-ganti kita akan tergoda untuk mengikuti, baju, Sepatu ber-merk kita akan terpancing untuk memilikinya jika kita tidak dapat mengontrol hawa nafsu maka uang kita akan mudah tergerus berapa pun ATM yang ada di dompet kita. Atas dasar saran saya inilah istri saya mengikuti anjuran saya sehingga meskipun sudah punya beberapa Tabungan baik di bank di plat merah maupun bank swasta akhirnya membuka Tabungan khusus untuk umrah dan haji dengan mendatangi Bank Syariah Indonesia niat menabung tidak akan diambil kecuali untuk umrah dan haji. Menabung di Bank Syariah Indonesia  untuk umrah atau haji tidak yang tidak diberikan ATM justru menurut saya malah tepat dan bagus sebagaimana yang saya sampaikan diatas dengan tidak ada fasilitas ATMnya tangan tidak gatal untuk selalu menggesek ATM terus. Karena pengalaman saya selama ini Tabungan yang di lengkapi dengan ATM penggunanya banyak yang tidak bijak termasuk saya tidak dapat memilah dan memilih antara kebutuhan atau keinginan hidup berbeda kalau terdesak kebutuhan memang tidak dapat ditunda-tunda lagi misalnya perut lapar sedangkan jika keinginan misalnya mau beli HP baru masih dapat ditahan dan dihindari, kecuali memang orang yang sudah kaya raya dan duitnya tidak berseri. Keuntungan menabung di Bank Syariah Indonesia tidak ada biaya administrasi setiap bulannya dimana sebelumnya saya juga sudah membuka  Tabungan di Bank Syariah Indonesia pada KCP yang sama yang sudah dijelaskan oleh customer servicenya bahwa tidak ada biaya bulanannya hanya saja katanya kalau selama 6 bulan tidak ada transaksi dan saldonya minim saya lupa-lupa ingat mungkin dibawah 50ribu atau dibawah 100rb maka Nomor rekening tsb akan di nonaktifkan tetapi kita masih bisa meminta mengaktifkan Kembali jika kita telah mulai menabung Kembali dengan melaporkan kepada petugas Bank  agar diaktifkan kembali rekeningnya pengalaman itulah yang saya tahu ketika membuka Tabungan di Bank Syariah Indonesia.

 

Petugas Bank Syariah Indonesia Ramah dan Sopan

Dengan menyandang label bank Syariah tentu perbankan ini bekerjanya berlandaskan Al-qur’an dan hadits tidak ada bunga tetapi istilahnya mudharabah (bagi hasil). Sebab bunga dalam islam adalah riba’ suatu yang diharamkan oleh Allah SWT, dimana Allah SWT menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba’. Yang menarik soal riba’ Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim satu sisi memberlakukan hukum islam bagi pemeluk islam sisi lain memberlakukan hukum perjanjian yang diatur didalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dimana pasal 1320 KUHPerdata salah dua perjanjian adalah kesepakatan dan kecakapan, artinya meski ada bunganya 10% perbulan pinjamannya jika telah disepakati antara debitur dengan kreditur maka secara hukum positif perjanjian tsb adalah sah dan mengikat sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Dalam perspektif islam perjanjian hutang piutang yang mencantumkan bunga itu namanya riba'  maka haram hukumnya. Begitulah kedudukan hutang piutang dalam islam yang mencantumkan bunga dengan tegas dinyatakan riba’ dan haram. Kembali kepada petugas Bank Syariah Indonesia selain ramah dan sopan suasananya bernuansa Islami ketika nasabah masuk akan disapa salam hangat dengan pembukaan assalamu ‘alaikum, kinerja dan pelayanan yang baik untuk nasabah ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar nasabah semakin banyak mendatangi Bank Syariah Indonesia berbondong-bondong untuk menyimpan uangnya atas dasar kepercayaan.

 

Harapannya Bisa Umrah Satu Keluarga

Sebenarnya istri mengajak umrah berdua saja tetapi pertimbangan saya kalau umrah cuma berdua ketika beribadah di tanah suci akan ada perasaan gelisah karena meninggalkan anak-anak yang masih kecil (meski berdua sudah kuliah) saya anggap masih kecil karena belum bisa mandiri.  Maka saya mengusulkan untuk umrah satu keluarga ber-4 suami istri dan dua anak biar ibadahnya tenang tidak mikirin yang dirumah. Tapi entah pikiran apa yang menggelayuti di benak ini sering ada pikiran yang mengganggu dan muncul bagaimana jika satu keluarga naik pesawat nanti terjadi apa-apa (maksudnya pesawatnya mengalami kecelakaan) bisa-bisa semua lewat, pikiran buruk inilah yang sering mengganggu di benak saya sehingga sampai sekarang saya belum berangkat umrah satu keluarga. Memang dalam hati saya pernah terpatri dan bertekad jika naik pesawat untuk umrah atau ibadah haji tidak akan takut maklum selama ini pengalaman saya naik pesawat secanggih apa pun kurang nyaman ada yang bilang saya ini takut ketinggian tapi  saya merasakan hanya kurang nyaman saja tetapi kalau untuk beribadah kepada Allah SWT saya niatkan bismillahirrahmanirrahiim saya pasrahkan segalanya kepada Allah SWT sebagai pemilik alam semesta ini.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19