FOTO BANK BSI PERUM, KARAWACI TANGERANG
Pada hari Rabu, tanggal 3 Juli 2024 sekira pukul 11.00 WIB saya mendatangi Bank Syariah Indonesia (BSI) di Perum Karawaci Tangerang, Propinsi Banten. Kebetulan di Perum Karawaci itu ada dua bank BSI yang saling berdekatan. Dua-duanya saya datangi jawabannya sama sedang ada maintenance dengan demikian seluruh BSI di Indoneisa pelayanan perbankan sementara terganggu. Keperluan saya mendatangi BSI untuk mengganti PIN internet banking saya yang lupa. Maklum faktor usia, jangankan PIN internet banking yang lupa terkadang kaca mata baca sudah saya pegang masih saya cariin kemana-mana bahasa jawanya mubet-mubet nggak karuan alias muter-muter sampai pusing kepala tujuh keliling nggak nemu-nemu nggak tahunya malah saya pegang sendiri. Masya allah…inilah namanya kalau sudah mulai sepuh sudah mulai lupa-lupaan, dan sakit-sakitan. Kembali ke laptop bahwa pada hari dan tanggal tersebut diatas saya mendatangi BSI di Perum Karawaci Tangerang katanya lagi ada gangguan di seluruh Indonesia katanya lagi di maintenance. Lupa PIN Banking ini bukan sekali dua kali sebut saja sudah sering lupa PIN.
Pelayanan BSI Sangat Mengecewakan saya
Bermaksud datang ke BSI untuk meminta penggantian PIN internet banking saya yang lupa oleh petugas BSI katanya lagi ada maintenance terjadi gangguan di seluruh Indonesia, bahkan untuk mengecek dan mengambil uang di ATM juga tidak bisa, mbaknya customer service bank meminta nomor WA saya akan mengabari jika sewaktu-waktu sudah selesai perbaikan. Saya sangat heran Bank sebesar BSI mengapa tidak mengantisipasi akan terjadinya segala gangguan dalam pelayanan perbankan tersebut?. Kalau pun sekali-kali eror jaringannya mestinya tidak berjam-jam lamanya yang dapat mengganggu pelayanan nasabah, oleh karena itu harus di antisipasi gangguan tsb dan cukup berapa menit gangguan tsb akan dapat normal kembali. Dapat dibayangkan dan dipikirkan bagaimana kalau nasabah perlu dana darurat untuk keperluan berobat ke rumah sakit tetapi menggesek di ATM dan transfer via internet banking tidak bisa?. Pasti panik karena kalau nggak punya BPJS rumah sakit pasti meminta uang muka. Kecintaan saya menjadi nasabah bank BSI karena bank ini bekerjanya menggunakan mekanisme syariat islam dan ketika nasabah memasuki kantor BSI petugas mengucapkan assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh yang menambah suasanan islami. Bagusnya BSI ini tidak mengenal istilah bunga dalam menyimpan uang di bank dan juga tidak mengenal bunga ketika bank memberikan pinjaman kepada nasabah (debitur) tapi istilahnya adalah bagi hasil yang sama-sama menguntungkan. Bukankah bank ingin memberikan pelayanan kepada nasabah yang baik?. Agar BSI tidak ditinggalkan oleh nasabahnya maka tidak ada jalan lain kecuali mengutamakan pelayanan yang baik. Jika pelayanan bank kepada nasabah baik dan memuaskan maka nasabah akan berbondong-bondong untuk menyimpan uang di Bank tsb. Tulisan ini hanya sekedar saran kepada manajemen bank BSI agar ke depan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Teriring doa Bank yang mengusung syariah sesuai landasan islam dalam bertransaksi keuangan perbankan ini semoga mendapatkan ridho Allah SWT.
AKHIRNYA DIHUBUNGI CUSTOMER SERVICE BSI NAMANAYA MBAK DELLA JIKA MAINTENANCE BSI SUDAH SELESAI PERBAIKAN
Saya mendatangi BSI Perum Karawaci Tangerang sekira pukul 11.00 untuk mengganti PIN internet banking yang lupa, karena lagi ada maintenance tentu saya sedikit ada rasa kecewa. Tapi alhamdulillah tepat pukul 13.50 WIB saya dihubungi customer service yang namanya mbak Della mengabarkan bahwa sistem maintenance BSI sudah normal kembali saya jawab baik akan kesana untuk mengganti PIN internet banking yang lupa tadi juga saya menanyakan jam tutup bank BSI. Akhirnya alhamdulillah sistem BSI yang lagi di maintenance sudah normal kembali sehingga pelayanan nasabah dapat berjalan dengan baik. Semoga Bank BSI tetap jaya untuk memberikan pelayanan nasabah yang baik yang mengusung transaksi syariah ini.
AKHIRNYA PIN SAYA YANG LUPA TIBA-TIBA DIHADAPAN MBAK DELLA INGAT KEMBALI
Sesampainya saya di Bank BSI sekitar pukul 14.00 WIB dihadapan customer service mbak Della aneh bin Ajaib user nama dan PIN saya yang lupa internet banking tadi tiba-tiba ingat Kembali karena user nama campuran antara huruf dan angka. Akhirnya saya tidak meminta penggantian PIN yang lupa saya justru mengganti user name dan PIN saya menjadi yang lain. Pelayanan mbak Della customer service BSI Perum Karawaci Tangerang sangat memuaskan ramah dan baik hati lama sekali saya konsultasi tentang dunia perbankan agar tidak tertipu oleh phising yang banyak menguras rekening nasabah. Semoga customer service BSI banyak yang seperti mbak Della yang melayani nasabah dengan hati dan baik hati serta sabar.
Semoga Bank BSI yang mengusung perbankan syariah islam tetap jaya. Aamiin.