Selasa, 28 September 2021

Kesan Pesan Suka Duka Pengalaman Bekerja di KOSPIN di Pati Jawa Tengah Dengan Gaji 45 Ribu Sebulan

 


 

Pada Tahun 1989 saya bekerja di Koperasi Simpan Pinjam di Daerah Pati Jawa Tengah dengan gaji 45ribu sebulan. Pada waktu itu gaji 45 ribu sudah banyak saya makan sate saja cuma seribu rupiah. Senang saya bisa bekerja di Kospin Jasa ini banyak sukanya ketimbang dukanya meski gaji kecil tetapi hati rasanya bahagia. Saya mulai bekerja dengan mengontel sepeda jam 9 pagi s/d jam 11 siang berkeliling narik nasabah,  jam 11 siangnya sudah pulang untuk storting atau setoran, saya termasuk karyawan yang berprestasi setiap bulan saya mendapatkan bonus karena resort (daerah) setorannya sangat bagus sekali sehingga pimpinan saya senang dengan kinerja yang saya capai kebetulan pimpinan saya satu kampung dengan saya orang kayen dan sekarang orangnya sudah almarhum saya doakan mudah-mudahan Husnul Khatimah. Bekerja di Koperasi Simpan Pinjam praktis cuma 2 jam selebihnya saya sudah bisa bercengkrama dengan teman-teman kalau malam saya bisa gitaran dengan teman-teman saya.

 

Suka Duka Bekerja di Kospin atau Koperasi Simpan Pinjam

Sebagaimana yang saya sampaikan diatas kalau dihitung antara suka dengan dukanya banyak sukanya bekerja di Kospin Koperasi Simpan pinjam meski gaji kecil kalau tadi diatas saya sudah bicara tentang sukanya sekarang saya bicara mengenai dukanya saya bekerja di Kospin dukanya yaitu ketika nasabah telat bayar setoran minim saya malu balik ke kantor karena  pimpinan sudah pasti marah-marah kalau nggak disindir-sindir inilah salah satu dukanya tapi enaknya yaitu bisa ngutang dulu uang nasabah, caranya pembayaran dari nasabah kita strep dulu anggap saja hari ini dia nggak bayar, tetapi besok lusa kita bayar doble jangan kelibet utang  tidak baik jadinya menumpuk apa yang buat kita membayar nanti. Menyetrip atau memakai uang nasabah ini hampir semuanya dilakukan oleh karyawan Kospin Jasa yang menarik nasabah, kalau tidak demikian bagaimana kita bisa bermalam minggu dan ngasih orang tua kalau nunggu gajian terlalu lama. Begitulah suka duka jika kita bekerja di Kospin saya lihat sekarang ini Kospin di daerah Pati tidak begitu menjamur seperti dahulu tahun 1990an yang banyak sekali pendirian koperasi. Pada waktu itu JP atau jasa pelayanannya 20% jadi kalau orang minjam uang 1juta maka sebulan harus mengembalikan 1.2juta itu sudah termasuk bunganya.

 

Belum Sadar Haram Halal

Pada waktu  saya bekerja di Kospin tahun 1990an saya belum sadar haram halal mengenai Koperasi tsb sekarang saya sadar itu adalah haram karena mengenakan bunga sekian persen kecuali koperasi syariah itu baru halal. Apalagi saya ini orangnya tidak tega dan tidak bisa jika ada nenek-nenek yang sudah bungkuk-bungkuk tidak bisa membayar saya tagih, saya pernah dimarahi pimpinan saya nenek-nenek ini saya lewati saya tidak mau menarik karena saya tidak tega melihatnya, oleh pimpinan dibilang saya sok sial. Akhirnya karena bertentangan dengan hati nurani saya dan melanggar ketentuan Allah SWT itu perbuatan riba’ maka saya putuskan untuk berhenti dari Kospin lebih baik saya bekerja apa saja yang penting halal dan enak dimakan dunia dan akhirat pasti hidup akan berkah, Aamiin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19