Jumat, 09 September 2022

SAYA, ISTRI SAYA GARDINA KURNIAWATI ANAK SAYA                         M. MIRZA KURNIAWAN DI UNSIKA

Harapan setiap orang tua ketika anak akan melakukan kegiatan Ospek sebelum memasuki kuliah dapat berjalan dengan selamat dan lancar puji syukur kepada Allah SWT AKHIRNYA SELESAI SUDAH OSPEK anak saya DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA Karawang DENGAN BAIK DAN SELAMAT. Luar biasa persiapan sebelum kegiatan Ospek jam 5 pagi saya sudah harus pesan nasi untuk makan siang anak yang ditaruh di box makan, sebelum memasuki ruangan aula Ospek ada kakak senior yang mencegat di jalanan agar sarapan pagi terlebih dahulu karena pengalaman yang pingsan ikut OSPEK ternyata belum sarapan pagi saya pikir hal ini sangat bagus untuk mengingatkan dan bersifat mendidik. Alhamdulillah, Ospek Universitas Singaperbangsa Karawang dapat berjalan dengan baik dan lancar tidak ada praktek kekerasan dalam pelaksanaan Ospek tsb apa yang saya khawatirkan tidak terjadi praktek semimiliter di kampus yang dinegerikan sudah selama 8 tahun ini. Ospek Universitas Singaperbangsa Karawang meliputi Ospek Universitas dan fakultas anak saya kebagian daring selama 2 hari Ospek Universitas dan Ospek Fakultas yang dilakukan secara tatap muka juga dua hari. Ospek fakultas dimulai jam 6 pagi dan berakhir pada jam 5 sore sebelum jam 6 pagi peserta Ospek sudah harus siap dan tidak boleh terlambat saya pikir ini baik untuk mendidik kedisiplinan mahasiswa. Saya bertanya kepada anak saya kegiatan apa saja yang dilakukan selama Ospek pengenalan Fakultas dan Universitas menurut anak saya selama Ospek dikenalkan seputar lingkungan kampus dan pemimpin rektorat dan fakultas masing-masing, jam 5 sore peserta Ospek gerak jalan untuk olah raga setelah itu membubarkan diri masing-masing menuju pulang ke rumah. Ospek hari pertama berakhir tepat waktu jam 5 sore namun untuk hari kedua kegiatan Ospek agak molor sedikit sekitar jam setengah 6 sore baru selesai.

Jadwal Masuk Kuliah Belum diketahui

Selesai Ospek saya bertanya kepada anak saya tentang kapan waktu masuk kuliah secara definitif kata anak saya belum ada pengumuman secara resmi kapan masuk kuliahnya tetapi saya mendapat bocoran dari teman saya yang juga dosen di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)  bahwa waktu pelaksanaan kuliah dimulai pada tanggal 21 September 2022 rencananya seminggu dua kali pertemuan secara online dan dua kali pertemuan tata muka langsung. AKHIRNYA SELESAI SUDAH OSPEK DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG DENGAN BAIK DAN SELAMAT ALHAMDULILLAH.

Nampaknya kampus-kampus pada umumnya belum sepenuhnya untuk menerapkan tatap muka langsung mengingat Covid-19 masih belum sepenuhnya hilang di negeri kita Indonesia. Saya pikir Universitas lain yang ingin menerapkan Ospek perlu belajar dari Universitas Singaperbangsa Karawang yang bersifat edukatif ini tidak perlu memakai kekerasan dan perpoloncoan karena filsafat Pendidikan itu bersifat mendidik tidak boleh melakukan kekerasan tidak ada gunanya, karena hanya akan melestarikan kebudayaan yang tidak baik pada mahasiswa baru berikutnya.

Mengajari Anak Naik Bus atau naik Kereta Api

Saya harus mendidik anak saya untuk tahan banting apalagi anak laki-laki jangan sampai cengeng rumah saya Tangerang anak yang kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang memang cukup jauh tidak selamanya saya bisa menjemput dan saya tidak ingin anak saya menjadi manja. Oleh karena itu saya ajari bagaimana hidup prihatin ketika naik bus dan bagaimana caranya naik kereta api. Plus minus antara naik bus atau kereta api memang ada, jika naik bus kelebihannya dari terminal Klari Karawang Jurusan Merak turun Bitung Tangerang disitu rumah sudah agak dekat tinggal naik grab motor 10rb saja, tetapi jika naik bus harus datang pagi-pagi antara jam 6-8 pagi kalau siang atau sore hari bus dari Karawang menuju Merak sudah tidak ada lagi semula saya berpikir dari Karawang jurusan Merak itu 24 jam ternyata tidak begitu. Itu salah satu kelebihannya jika naik bus cuma sekali saja terus turun dekat rumah lantas disambung grab. Namun kelebihannya jika naik kereta api yang pasti ongkosnya super irit pol tidak memboroskan kantong orang tua, tetapi kelemahannya jika naik kereta api akan turun naiknya berkali-kali di setiap stasiun yang pertama dari stasiun Karawang kemudian naik kereta api lokal jurusan Cikarang setelah dari Cikarang naik kereta api menuju Manggarai dari Manggarai Naik Kereta Api jurusan Duri setelah dari Duri baru naik kereta api tujuan akhir Tangerang Kota. Bayangkan berapa kali transit anak saya harus mondar mandir turun naik stasiun kereta api kasihan juga kalau sudah begini melihatnya takutnya kakinya gempor. Padahal kalau sudah sampai ke stasiun Tangerang untuk sampai ke rumah disambung grab motor biaya sekitar 30rb, jika naik grab mobil 60 ribu. Setelah saya menghitung untung ruginya maka anak saya lebih baik naik bus saja dari Karawang Jurusan Merak turun Bitung kemudian naik grab ke rumah ongkosnya sekitar 10rb. Saya bertekad anak saya harus mandiri nggak selamanya orang tua bisa menjemput. Ketika melakukan kegiatan Ospek biarlah saya temani untuk tidur di Kostannya selama dua hari nanti kalau sudah kuliah harapan saya bisa mandiri tidak merepotkan orang tua lagi. Dari awal saya sudah mengajari untuk belajar naik sepeda motor tetapi sampai sekarang belum bisa naik motor jadinya ya kasihan kalau berangkat ke kampus untung jarak kampus dekat sekitar 2 menit jalan kaki dari tempat kost. AKHIRNYA SELESAI SUDAH OSPEK DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG DENGAN BAIK DAN SELAMAT. Bersyukur kepada Allah SWT saya ucapakan terima kasih kepada pimpinan Universitas Singaperbangsa Karawang yang telah melakukan kegiatan Ospek dengan cara yang baik dan banar pra akademik tidak ada kekerasan sama sekali.