Senin, 26 September 2022

Jauhi Narkoba Karena Bisa Membahayakan Jiwa dan Raga

 

 

Barangkali orang yang paling tidak tahu tentang Narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya didunia ini hanyalah saya saja. Jauhi saja Narkoba Karena Bisa Membahayakan Jiwa dan Raga bisa membikin penderitanya mati mendadak dan gila.

Jujur saja bukan saya sok bersih dan sok suci merasa orang yang paling tidak pernah memakai narkoba sendiri, memang kenyataannya demikian saya benar-benar orang yang tidak pernah melihatnya bagaimana warna dan bentuknya, apalagi mencicipinya sama sekali saya belum pernah, biarlah saya di vonis orang yang paling bodoh didunia ini dalam hal pengetahuan tentang Narkoba. Saya beberapa tahun lalu pernah ditawari oleh teman saya diajak untuk mengonsumi narkoba dia bilang pokoknya rasanya sangat enak sekali dapat menghilangkan permasalahan dan bisa fly begitu katanya. Jawaban saya pada waktu itu kalau saya ada masalah saya larikan ke narkoba tidak akan pernah menyelesaikan permasalahan, indahnya paling cuma sesaat sedangkan permasalahan fundamental yang saya hadapi tidak akan terselesaikan sebelum akar permasalahan  saya pecahkan buat apa melarikan persoalan ke Narkoba?. Begitu pikir saya, saya bilang kasihan keluarga saya jika nanti saya terjerat oleh narkoba, menurut saya adalah tindakan bodoh yang dapat mendholimi diri kita sendiri orang yang memakai narkoba itu. Sebenarnya dalam hati saya tanda tanya sesungguhnya ada apa dan mengapa narkoba ini banyak diburu orang?. Kalau Narkoba tidak enjoy dan enak tidak mungkin banyak orang yang memburunya dan mengkonsumsinya begitulah saya selalu membathin dalam diri saya sendiri makna dibalik kelezatan narkoba ini sesungguhnya apa?. Soalnya saya pernah lihat sendiri ada orang yang anaknya kena narkoba sampai muntah-muntah dan badannya kurus ceking katanya kalau kumat pingsan dan menakutkan ibunya sudah putus asa untuk merawatnya ibunya sampai bilang ke saya daripada anaknya narkoba seperti ini lebih baik tidak punya anak lagi maksudnya lebih baik mati saja jika anak sudah terkena narkoba sangat merepotkan sekali. Sungguh kawan, saya tidak bohong hal ini pernah saya saksikan sendiri ibu yang punya anak korban narkoba tadi sampai merelakan lebih baik tidak punya anak lagi. Begitu sadisnya kah korban narkoba ini sehingga sampai orang tuanya merelakan lebih baik anaknya mati saja?. Konon orang yang sudah mengonsumsi narkoba kalau sudah ketagihan mengerikan sekali bahkan banyak yang melakukan tindakan kriminal melakukan pencurian hanya untuk membeli narkoba bahkan ada yang menyilati badannya. Konon orang yang sudah mengonsumi narkoba dan ketagihan jika terlambat mengonsumi justru badannya sakit semua dan badannya menggigil. Naudzu bilahi min dzalik. Jangan sampai anak-anak kita terjerumus mengkonsumsi narkoba sebab anak jika sudah terjerumus narkoba maka akan gagal hidupnya dan sia-sia orang tua untuk  menyekolahkan setinggi-tingginya. Saya yakin dan percaya kepada Allah SWT jika kita sebagai orang tua menghindarkan dari obat-obatan terlarang niscaya anak kita pasti juga akan menghindarinya. Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Kita sebagai orang tua mengharapkan agar anak menjauhi narkoba sementara perilaku orang tua justru sebaliknya mengkonsumsi narkoba sendiri, kalau sudah demikian anak-anak yang kita nasehati kemungkinan besar akan masuk kuping telinga kiri dan keluar kuping telinga kanan saja. Maka kita harus memberikan contoh yang baik terlebih dahulu sebelum kita meminta anak untuk berbuat baik menghindari narkoba.

 

Lingkungan Mempengaruhi Perilaku Manusia

Anak yang mengkonsumsi narkoba disebabkan berbagai hal yang pertama lingkungan keluarga, maka itu orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak, sebelum menasehati anak untuk menjauhi narkoba orang tua kudu menjauhi narkoba terlebih dahulu. Yang Kedua, lingkungan. Dalam hal ini lingkungan sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian anak kalau lingkungannya mendukung untuk tumbuh kembang anak secara baik, maka besar kemungkinan anak-anak akan menjadi orang yang baik pula. Yang Ketiga, lingkungan sekolah/kuliah atau kampus dapat membentuk karakter anak anak, peran guru dalam mendidik anak sangat penting sekali guru bisa dikatakan menjadi garda terdepan dalam membentuk perilaku anak untuk masa depan bangsa. Sumbangsih guru dibutuhkan agar  anak-anak bisa menjauhi narkoba oleh karena itu Pendidikan narkoba sangat dibutuhkan di sekolah agar anak-anak lebih mengenal secara dini bahaya memakai narkoba sehingga pada akhirnya benar-benar terhindar dari narkoba.

 

Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Bahaya Narkoba selain membayakan kesehatan seperti serangan jantung, darah tinggi kolesterol dan asam urat juga dapat mengakibatkan gangguan jiwa bagi pemakainya. Bahaya narkoba ini penderitanya seperti orang linglung tidak berkonsentrasi dan tatapan matanya sangat kosong jika dibiarkan terus menerus bisa mengarah ke gangguan jiwa. Gangguan kesehatan fisik harus segera diatasi dengan berhenti menggunakan narkoba jika tidak segera berhenti sewaktu-waktu nyawa bisa terenggut.

 

Teman satu kerja saya pernah memakai narkoba ketika saya menjadi PNS di suatu instansi pemerintah saya mengamati gerak-gerik teman saya, orangnya sangat lincah dan bekerja tidak ada capeknya dan lebih hebatnya lagi tidak pernah muram dan bersedih hati orangnya humoris. Karena saya ini peneliti tentu saya tanda tanya sekaligus untuk menguji pikiran saya bahwa teman saya ini memakai narkoba. Akhirnya saya yakin  dengan kesimpulan saya jangan-jangan teman saya ini memakai narkoba. Soalnya saya amati hidupnya selalu periang dan selalu bergembira pokoknya selalu happy dalam menjalankan tugas sehari-hari akhirnya saya beranikan diri untuk bertanya: Namanya saya rahasiakan: Pi (bukan nama sebenarnya), apakah kamu pakai narkoba?. Dijawab ya pak saya pakai narkoba, saya bilang pantesan kamu orangnya humoris, tidak pernah capek dan periang terus. Saya salut sama teman saya karena mengakui terus terang memakai narkoba, cuma yang saya heran badannya masih bagus, gemuk dan segar bugar tidak seperti pemakai narkoba lainnya. Berbeda yang saya ceritakan diatas korban narkoba yang sudah parah sekali badannya kurus kering, matanya ceking dan muntah-muntah sampai orang tuanya merelakan lebih baik tidak punya anak lagi daripada merawat anak yang terkena narkoba sangat merepotkan sekali.

Kawan, cobalah perhatikan dan simak baik-baik kasus tsb diatas bagaimana kasih sayang orang tua dalam memelihara anak dimulai dari bayi, menyekolahkan SD-Perguruan Tinggi bahkan urusan menikah yang memerlukan biaya yang tidak sedikit orang tua jungkir balik untuk kebutuhan anak. Pokoknya jangan ditanya kasih sayang orang tua terhadap anak sampai-sampai memilih lebih lebih baik orang tuanya yang mati saja daripada anaknya yang mati. Lebih baik orang tuanya yang sakit daripada anaknya yang sakit.  Tapi dalam kasus korban narkoba diatas orang tua lebih baik memilih anaknya mati ketimbang melihat dan merawat anaknya terkena narkoba yang sangat merepotkan ini.

Kita berlindung dan memohon kepada Allah SWT semoga keluarga kita dijauhkan dari narkoba. Jauhi saja Narkoba Karena Bisa Membahayakan Jiwa dan Raga.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19