Minggu, 18 Desember 2022

Cara Mengatasi Mobil di Starter Mati Agar Tidak Panik

 

 

Bagi orang yang punya mobil pasti sudah mengalami mobil mogok atau Aki di starter tidak nyala padahal di indikator aki tidak bermasalah bahkan Aki baru saja di ganti. Kawan dan sahabat semua jika hal ini menimpa kepada diri kita janganlah panik duluan jangan buru-buru beli aki baru karena belum tentu akinya yang sowak, dan jangan buru-buru mengganti dinamo atau kool mobil karena belum tentu keduanya itu yang rusak. Banyak komponen pengapian dalam instrumen stater mobil pengalaman saya berulang kali mobil susah nyala bisa saja karena koolnya yang sudah tipis atau yang sering saya alami adalah kepala akinya sering jamuran sehingga di starter susah hidup inilah rahasia yang perlu saya bongkar untuk saya beritahukan kepada kawan semua biar tidak mengeluarkan biaya agar tidak buru-buru tatkala terjadi mobil susah di starter kita mencari teknisi.

 

Jangan Buru Buru Mencari Bengkel Dijalanan

Jika kita menemui mobil susah di starter jangan buru-buru mencari teknisi bengkel untuk kita datangkan di tempat mobil kita yang mogok sebab teknisi jalanan biasanya harganya jasa tenaganya mencekek leher pengalaman saya pada tahun 2010 tatkala saya punya mobil Xenia mogok di Pamanukan Jawa-Barat teknisi jalanan menggunakan kesempatan untuk membantu dengan biaya yang tinggi mau tidak mau karena saya butuh dalam keadaan darurat saya mau saja apalagi saya bepergian bersama keluarga anak-anak dan istri saya ingin segera pulang ke rumah karena sudah kecapekan perjalanan jauh dari Solo Jawa Tengah ke Tangerang. Urusan mobil mogok bagi yang punya mobil pasti sudah pernah mengalaminya apalagi saya yang dari awal memiliki mobil bekas tahun 1991 Daihatsu Classy sudah langganan mogok di jalanan kalau sudah begini kita keringat dingin apalagi sedang mogok kebetulan jalanan macet kanan kiri dan belakang dengan klakson yang bising. 

 

Mobil Saya Mogok di Karawang Depan Kost Anak Saya

Pada hari Selasa tanggal 13 Desember 2022 mobil saya mogok di Karawang Jawa Barat depan kost anak saya, penyakitnya sama mobil susah di starter sudah saya kencengin kepala akinya pakai obeng tetap saja mobil tidak mau nyala terpikir hampir saja saya mencari bengkel agar datang di tempat mobil yang mogok tetapi saya berpikir ulang takutnya harganya menggetok akhirnya saya urungkan. Kira-kira satu jam lebih mobil saya starter nggak jalan-jalan akhirnya anak saya berangkat sendiri ke Universitas Singaperbangsa untuk kuliah tatap muka karena waktunya sudah mepet. Saya sempat merenung bagaimana ini jika tidak bisa jalan padahal rumah saya jauh di Tangerang akhirnya saya punya ide meminta air panas kepada tetangga dengan air panas tsb kepala air aki saya sirami semua dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahiim akhirnya mobil saya starter bisa nyala. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT akhirnya saya tidak jadi mengeluarkan biaya untuk perbaikan mobil tsb sebab jika ditangan bengkel dan orang-orang yang tidak bertanggungjwab maka selalu akan mengada-ada tentang kerusakannya padahal sebenarnya cuma kepala akinya yang kotor atau jamuran cuma disiram air panas sudah nyala. Maka kita harus rajin untuk merawat mobil jangan hanya cuma ditumpangi mobilnya saja jika kita tidak merawat mobil maka kita akan dibuat repot sendiri. Rawatlah dia dengan baik kalau mobil dirawat dengan baik tentunya tidak akan membuat susah kita. Repotnya setengah mati jika mobil sudah mogok di jalanan seperti yang saya alami beberapa kali punya mobil di derek, kemudian didorong karena akinya sowak hampir semua suka duka membawa mobil sudah saya alami. Makanya orang Singapura itu ada benarnya juga jika mobil sudah lima tahunan bakal di kandangin karena bakal merongrong banyak jajan pasti banyak onderdil yang kita perbaiki. Kalau kita punya mobil baru enaknya selama 3 tahun hanya mengeluarkan biaya untuk perawatan seperti ganti oli dan aki tapi untuk beli mobil baru itu yang harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak tapi enaknya tidak akan kita temui mobil kita mogok di jalanan.

 

Perjuangan saya mengantarkan anak kuliah di IPB dan Singaperbangsa

Begitulah perjuangan saya mengantarkan anak saya dalam menggapai cita-citanya bisa kuliah di IPB Bogor dan Universitas Singaperbangsa Karawang yang di IPB Bogor jurusan Kimia yang di UNSIKA Karawang jurusan Teknik Informatika. Setiap Minggu kalau tidak ke Bogor ya ke Tangerang kadang-kadang minta diantarkan ke stasiun Manggarai menuju Bogor sehingga saya bisa hemat biaya dan tenaganya. Memang ada kebahagiaan tersendiri jika saya bisa mengantarkan anak-anak kuliah ke IPB atau ke Universitas Singaperbangsa yang kuliah di IPB ini anak perempuan sudah agak mandiri bisa pulang pergi naik kereta sendiri yang anak laki-laki di Unsika Karawang masih dalam taraf untuk belajar naik kereta api. Kelebihannya naik kereta api adalah biayanya sangat murah namun kalau dari Tangerang menuju ke Karawang sampai naik 4 kali pertama dari stasiun Tangerang kemudian naik jurusan Duri dari Duri naik Jurusan Manggarai baru dari manggarai naik ke jurusan Cikarang. Disini yang jadi masalah kereta Cikarang ke Karawang ini adanya kereta lokal jam-jam tertentu semua ada plus minusnya. Jika naik kereta biayanya murah tetapi ya turun naik stasiun beberapa kali memang enaknya sih bawa mobil sendiri tapi tenaga dan biayanya itu yang sangat mahal seminggu saya harus mengeluarkan uang 500 ribu untuk ke IPB Bogor atau ke Unsika Karawang dalam rangka mengantarkan anak saya kuliah. Alhamdulillah anak saya yang perempuan sudah menginjak bimbingan skripsi semoga saja cepat selesai dan sekarang lanjut fast track S2 di IPB Bogor saya cuma meminta kekuatan kepada Allah SWT semoga saja anak-anak saya bisa menamatkan semua kuliahnya dengan baik dan lancar hanya itu yang bisa orang tua berikan hanya ilmu yang bisa saya berikan insya allah dengan ilmu nanti akan bisa mencari hidup dan kehidupannya sendiri. Semoga. Aamiin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19