Jumat, 23 Februari 2024

INSPIRASI MENULIS UNTUK KONTEN KREATOR BLOG SAMBIL MINUM KOPI DI JANJI JIWA

 

 


                                                JANJI JIWA di TAMAN UBUD TANGERANG


 

Menanti Dapat Gajian Dari Adsense Yang Tak Kunjung Tiba tidak menyurutkan Langkah saya untuk tetap menulis di Blog. MENULIS adalah gampang-gampang susah, dibilang gampang jika orang yang punya hobi menulis makai ide-ide menulis bagaikan air mengalir di telaga sumber air di pegunungan yang tak pernah akan berhenti. Namun bagi orang yang tidak hobi menulis, atau orang yang tidak suka menggoreskan pena maka menulis adalah hal yang sangat sulit. Jangankan bisa menulis kalimat yang dapat terangkai kata dengan baik, terstruktur dan sistemastis, menulis satu kata untuk dilanjutkan menjadi kalimat saja sudah kehabisan ide. Kelemahan Masyarakat Indonesia adalah dalam bidang menulis, bahkan dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya di bidang penelitian (menulis) amat sangat rendah dalam menulis atau meneliti. Padahal untuk mendapatkan jabatan fungsional dosen dari mulai asisten ahli sampai dengan profesor atau guru besar kuncinya adalah menulis atau meneliti. Jika ditanyakan siapa orang yang tidak dapat menulis?. Tentu jawabannya hampir semua orang bisa menulis dari mulai anak TK s/d Perguruan Tinggi pasti bisa menulis tapi yang dimaksud bukanlah asal menulis tetapi menulis yang sistematis dan terstruktur dan renyah untuk dibaca oleh orang banyak, syukur-syukur dapat memberikan jalan keluar dari jalan kesulitan yang dicari oleh pembaca. Seorang penulis haruslah memiliki ide dan gagasan yang banyak, seorang penulis haruslah bisa menulis secara mengalir mengenai tema yang akan diangkat untuk disajikan kepada publik. Seorang penulis sejati haruslah Ikhlas menulis apakah tulisannya dibaca oleh orang lain atau tidak, tetaplah menulis dan menulis itulah namanya seorang penulis sejati.

Menulis di Blog Berbeda Dengan Tulisan di Jurnal atau Karya Ilmiah

Menanti Dapat Gajian Dari Adsense Yang Tak Kunjung Tiba tidak menyurutkan Langkah saya untuk tetap menulis Blog. Meski ada rasa jenuh, karena menulis adalah hobi maka saya tetap menulis dan menulis. Menulis di Blog harus dibedakan dengan menulis jurnal ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Menulis di Blog Bahasanya harus dipahami oleh masyarakat awam sekalipun oleh karenanya tulisan di blog haruslah renyah dengan bahasa yang tidak bertele-tele sehingga tulisan dapat tersampaikan dengan baik kepada pembacanya. Dengan menulis yang mudah dibaca dan dicerna oleh pembaca disitulah indikatornya bahwa penulis telah berhasil menyampaikan gagasan yang baik kepada pembaca. Selain tulisan yang renyah tulisan juga harus dapat menjawab hal-hal yang dibutuhkan oleh pembaca.

 

Janji Jiwa Tempat Inpirasi Saya Menulis

Seorang penulis yang baik tidak pernah akan kekurangan akal untuk mendapatkan ide-ide menulis. Namun, jujur namanya manusia kadang ada kejenuhan untuk menulis, bagi penulis yang kreatif ide-ide menulis akan senantias didapatkan secara mengalir baik dirumah, ketika berkendara, bekerja di kantor, di masyarakat, seorang ibu yang sedang memasak, berkebun atau dimana pun berada seorang penulis tidak pernah akan kering kerontang akan ide-ide segar untuk diangkatnya ke publik. Pengalaman saya ketika ngopi di janji jiwa justru mendapatkan ide-ide segar yang terus mengalir saya tuangkan didalam tulisan lewat jari-jemari saya yang bergerak lincah bak seperti berjoget musik dangdut. Apalagi di Janji Jiwa di setiap tempat duduk difasilitasi dengan colokan laptop atau HP sehingga kita dapat  menulis berlama-lama untuk menuntaskan judul satu topik yang mau kita angkat, bahkan saya bisa menulis 2 judul artikel. Disini saya melihat kecerdasan management Janji Jiwa untuk menggaet pelanggannya agar terus berdatangan ke tempatnya dengan memberikan fasilitas yang baik seperti Wifi colokan charger HP maupun laptop dan pelayanan yang ramah. Memang menjadi seorang blogger itu susah-susah gampang, dibilang susah karena seorang blogger haruslah konsisten mengisi blognya secara rutin agar tidak sepi konten kreatornya. Konten blog dapat di ibaratkan nyawanya sebuah blog, blog juga dapat di ibaratkan sebuah mall yang menjajakan barang dagangan selain harus banyak dagangan yang berwarna-warni agar pengunjung banyak dan tertarik, mall juga harus di isi dagangan yang bervariasi selain itu harus terus update barang. Hal ini agar tokonya tidak ditinggalkan oleh pelanggan, begitu juga seorang blogger haruslah aktif dan kreatif banyak menulis untuk  di posting di blognya jika tidak, besar kemungkinan trafik blognya akan sepi seperti kuburan.  Kasihan jika kita sudah menulis capek-capek, dan sudah memposting hampir 400 artikel tetapi setiap hari yang mengunjungi hanya sekitar 5-10 orang saja, sedih kalau kita melihat trafik seperti ini. Untungnya bagi blogger yang hobi menulis tidak bertujuan utama untuk mencari uang di internet tetap Ikhlas menuangkan ide untuk dibaca khalayak ramai. Jadi kalau belum mendapatkan penghasilan tidak akan kecewa berat. Inilah yang membedakan blogger yang sekedar hobi menulis dan blogger yang professional yang hobi menulis sekaligus mendapatkan penghasilan dari menulis setiap bulannya.

Pramoedya Ananta Toer pernah mengatakan bahwa “orang boleh pintar setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis maka ia akan hilang di dalam Masyarakat dan dari Sejarah menulis adalah bekerja untuk keabadian”

 

Kelebihan dan Kelemahan Seorang Blogger

Kelebihan seorang blogger dapat menulis kapanpun dan dimana pun berada kemana ia suka. Enaknya penulis blogger tidak punya atasan yang akan menyuruh-nyuruh kita se enaknya, orang yang pernah menjadi bawahan tentunya sudah tahu dan merasakan bagaimana sakit hati ini jika kita punya atasan asal main suruh saja kadang tidak bisa membedakan apakah soal dinas atau tidak tapi karena mentang-mentang atasan main suruh se enaknya. Blogger juga tidak harus punya kantor, bisa menulis dirumah, disela-sela kita bekerja bahkan di kebun dengan membawa laptop yang ada kuota internetnya kita bisa menulis dan bisa memposting konten kreator kita. Kebahagiaan seorang penulis jika tulisannya banyak dibaca oleh orang lain dan bermanfaat untuk orang banyak itulah salah satu kebahagiaan seorang blogger. Namun jika blogger menulis mendapatkan penghasilan dari adsense itu adalah bonus yang harus di syukuri. Kelebihan blogger juga jika blognya sudah dialiri oleh google adsense maka akan mendapatkan penghasilan, tapi syaratnya trafiknya sudah banyak dan stabil maka akan mendapatkan penghasilan setiap bulan. Tetapi untuk pengahasilan ini seorang blogger harus sabar tidak serta merta kita membuat blog hari ini lantas besok kita gajian dari google adsense. Itu imposible. Jika kita hobi menulis jangan mengharapkan penghasilan instan seperti itu nantinya kita akan dibuat kecewa berat karena kenyataannya penghasilan dari adsense jika trafik masih rendah kadang sehari cuma dapat 100 perak memelas sekali. Jika kita menulis blog orientasinya sudah uang justru akan frustasi berat jika tidak kunjung mendapatkan penghasilan. Untuk mendapatkan uang dari adsense memang harus sabar, jangan terjebak dengan kisah-kisah testimoni yang mengatakan mendapatkan bulanan gajian dari adsense itu mudah, dalam praktek yang saya alami mendapatkan uang dari adsense sangat sulit utamanya disebabkan trafik sangat rendah. Contohnya saya sejak 3 tahun yang lalu blog saya yang dialiri google adsene sampai sekarang belum pernah menerima gajian, konon untuk payout harus mencapai minimal 1.3 juta baru ditransfer oleh google adsense dari Singapura ke rekening saya. Itulah yang saya sampaikan diatas kalau kita ingin instan mendapatkan dari penghasilan dari adsense yang ada justru kita dibuat kecewa dan kecewa. Maka kita menulis mengalir saja, saya menulis dengan hati kelemahan saya menulis di blog tidak paham soal SEO  atau optimasi dan saya juga tidak menggunakan apa itu keyword yang penting saya menulis soal dicari orang atau tidak, tidak saya pikirin yang penting saya menulis dan menulis. Barangkali inilah salah satu kelemahan saya menulis di blog yang tidak memahami panduan SEO dan menggunakan keyword sehingga blog saya dihukum oleh google pengunjungnya sepi mirip seperti kuburan. Akankah saya frustasi?. Buktinya blog yang saudara baca ini masih eksis ini berarti saya tidak kecewa untuk menulis meski sampai saat ini belum gajian dari adsense. Saya sudah banyak kehilangan kuota untuk posting tulisan di blog tetapi sampai saat ini penghasilan masih memble, tetapi saya masih tetap menulis dan menulis. Harapannya ke depan semoga Allah SWT yang maha Rahman dan Rahim membukakan pintu rezeki saya dari menulis blog ini untuk menambah kebutuhan keluarga. Saya yakin siapa yang sungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya.

 

Hambatan dan Rintangan Seorang  Blogger

Sebagai manusia tentunya ada jenuhnya untuk menulis, apalagi selama ini menulis belum menghasilkan apa-apa yang ada hanya menghasilkan capek dan selalu menjinjing laptop kesana-kemari tetapi pendapatan masih nihil. Rasa jenuh pasti ada, Seorang blogger pastilah kadang dihantui malas untuk menulis, seorang blogger pastilah terkadang digoda syaitan buat apa nulis capek-capek jika tidak sebanding dengan apa yang  didapatkan pastilah sebagai manusia biasa perasaan itu ada di benak para blogger. Dalam kesempatan ini saya pribadi salut dan kagum kepada para blogger yang telah berjuang sekuat tenaga akhirnya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Saya apresiasi blogger yang memiliki jiwa militansi seperti ini karena untuk menjadi blogger yang profesinal  tidak semudah itu harus jatuh bangun dengan perjuangan yang tidak pernah mengenal lelah. Ketika saya mendengar ada blogger yang semula bekerja di Perusahaan gajiannya puluhan  juta kemudian berani resign untuk menjadi full timer blogger adalah orang yang luar biasa. Saya membayangkan betapa beraninya blogger seperti ini padahal penghasilan blogger belum jelas, apa tidak uring-uringan dengan istrinya jika kekurangan ekonomi?. Jika pada akhirnya blogger tsb bisa mendapatkan penghasilan secara rutin dari google adsense sebagai pengganti pekerjaan yang telah ditingggalkan maka blogger tsb dapat dikatakan sukses karena memilih profesi blogger meski banyak tantangannya ternyata perjuangannya dapat menembus keberhasilan.

Menanti Dapat Gajian Dari Adsense Yang Tak Kunjung Tiba

Kapan Saya Gajian Adsense? Sampai saat ini Menanti Dapat Gajian Dari Adsense Yang Tak Kunjung Tiba dalam hati saya selalu bertanya-tanya kapan saya gajian google adsense?. Sebab saat saya menulis blog ini penghasilan baru 221ribu rupiah berapa tahun lagi saya harus gajian dari adsense untuk mencapai minimal 1.3juta?. Yang tahu hanya Allah SWT apalagi nilai klik iklan Indonesia sangatlah kecil sekali klik iklan kadang ada yang cuma 200 perak ada yang 500perak konon blog bule alias blog Bahasa inggris sangat tinggi klik iklannya, sayangnya saya tidak bisa membuat blog Bahasa inggris karena keterbatasan saya dalam Bahasa inggris.

Mudah-mudahan setahun lagi saya bisa menerima gajian dari google adsense. Insya allah jika saya bisa gajian dari google adsense sebagian dari penghasilan tsb akan saya donasikan untuk kepentingan sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19