Senin, 19 Februari 2024

Pengalaman Tarik ATM Bank BTN dan Bank BNI Tanpa Kartu Karena Dompet Ketinggalan Dirumah

 


 

Pernahkan kita  ketinggalan dompet ketika sedang bepergian?. Dapat kita bayangkan betapa kagetnya ketika kita ingin berbelanja merogoh kantong sudah di depan kasir tetapi tiba-tiba dompet kita tidak ada di kantong, selain kaget tentu juga ada rasa malu. Pernahkah juga kita punya pengalaman ketinggalan dompet ketika sedang berkendara padahal mau bayar tol?. Hal ini juga pernah saya alami ketika mau membayar tol alangkah kaget dan terkejutnya saat merogoh kantong celana belakang dompet tidak berada ditempatnya. Ketika mau membayar toll dengan uang tunai sebelum sistem e-toll diberlakukan, saking kaget dan terkejutnya saya menepuk jidat saya sendiri, untungnya kasir tol mempercayainya dan mempersilahkan saya untuk meneruskan perjalanan meski tidak membayar tol. Tentu kasir tol percaya karena dari raut muka saya terlihat bukan orang yang sandiwara atau pura-pura ketinggalan dompet biar gratis membayar toll. Yang menjadi pertanyaan apakah ketika pernah ketinggalan dompet sudah dapat dikategorikan orang yang parah? Menurut saya manusia itu sifatnya khilaf dan lupa saya menganggapnya itu hal yang lumrah dan manusiawi yang penting kita dapat mengambil hikmahnya. Justru yang tidak lumrah dan tidak normal adalah kita mengaku orang yang tidak pernah khilaf dan lupa, hal ini justru sangat berbahaya buat kejiwaan kita, karena orang yang baik itu bukan orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tetapi orang yang baik adalah orang yang melakukan kesalahan dan terus memperbaikinya. Yang saya takuti ketinggalan dompet ketika berkendara itu bukan karena akan ditangkap polisi karena tidak memiliki surat-surat dalam berkendara, tetapi yang paling saya takuti adalah namanya umur kita semua tidak tahu selama dalam berkendara tsb saya tidak ada umur terus bagaimana cara melacak tempat tinggal saya?. Meski saya mendapati jawabannya sendiri dapat dilacak dengan No. Kendaraan Polisi tsb karena disitu pasti ada Alamat rumah lengkap saya yang betempat tinggal di RW 017 Sari Bumi Indah, Tangerang. Meski sudah mendapati jawabannya tetap saja selama berkendara karena tidak membawa dompet yang isinya ada KTP, SIM dan STNK tsb hati terus dag-dig-dug dan tetap was-was yang terpikir jangan-jangan terjadi sesuatu di perjalanan. Tetapi Alhamdulillah selama dalam perjalanan berkendara tsb lupa membawa dompet tidak pernah ada halangan apa-apa termasuk tidak pernah ditangkap oleh polisi. Saran saya kepada kita semua sebelum bepergian lebih berhati-hati untuk mengecek agar dompet kita tidak ketinggalan karena tentu akan dapat membuat was-was hati selama dalam perjalanan tsb.

 

Ketinggalan ATM Ketika Mau Ambil Uang Tunai

Rentetan ketinggalan dompet tsb tidak sampai disitu saya juga pernah ketinggalan dompet ketika mau ambil uang di ATM tatkala saya masuk bilik ATM BTN merogoh dompet betapa jondelnya (kagetnya) saya dompet tidak berada di kantong celana belakang. Hal ini juga pernah saya alami ketika saya menarik uang tunai di ATM BTN Cabang Tangerang Prapatan kantor dekat kursus GO kejadian itu pada hari Minggu, tanggal 18 Februari 2024. Karena dompet ketinggalan yang didalamnya ATM BTN lalu  saya bilang Satpam dompet saya ketinggalan saya mau pulang lagi sambil ngeloyor menuju kendaraan. Ketika saya mau memasuki kendaraan itu saya dihampiri oleh Satpam menanyakan bapak punya Moblie banking atau tidak? Kalau punya saya bantu pak untuk menarik ATM meski tidak pakai kartu, saya bilang punya mas kebetulan HP saya bawa. Dalam hati saya luar bisa pelayanan Bank BTN ketinggalan ATM masih bisa menarik di tunai di Anjungan Tunai Mandiri.

 

Langkah-langkah Saya Menarik ATM Tanpa Kartu Dipandu Oleh Satpam

Langkah pertama saya diminta untuk membuka mobile banking setelah bisa terbuka saya diminta untuk memilih tombol tanpa kartu, saya tekanlah tombol tanpa kartu dalam aplikasi tsb diminta mengisi berapa jumlah uang yang ditarik dan kemudian ada kode transaksi yang dikirimkan di HP saya, kode transaksi tersebut selanjutnya saya ketikkan di Mesin ATM dan menuliskan no. HP saya, maka jreng seperti bim salabim alangkah kaget dan takjubnya uang itu benar-benar bisa keluar dari ATM tanpa melalui kartu. Begitulah kecanggihan teknologi saat ini untuk mempermudah segala urusan kehidupan utamanya dalam soal perbankan untuk lebih memanjakan nasabahnya agar semakin giat untuk menabung di Bank. Artikel ini bukan merupakan pesanan pihak Bank BTN atau Bank BNI karena sehabis saya menarik uang tunai di BTN tanpa kartu, saya juga akhirnya mendatangi ATM BNI untuk menarik uang tanpa kartu. Di ATM BNI juga dapat saya lakukan menarik uang tunai tanpa kartu hanya saja setiap mobile banking bank itu pasti berbeda-beda menunya tetapi intinya BNI juga mudah cara menarik uang tunai tanpa kartu ATM.  Tulisan ini tidak ada pesanan dari pihak-pihak manapun, ini adalah murni berdasarkan pengalaman saya dan olah pikir saya ketika menarik uang ATM di BTN dan BNI tanpa adanya kartu tetapi uang benar-benar bisa keluar. Di dalam kehidupan ini semua ada hikmahnya meski dompet saya ketinggalan masih ada untungnya, kedepannya saya bisa lebih berhati-hati sebelum bepergian untuk selalu mengontrol hal-hal apa saja agar tidak ada yang ketinggalan. Hikmahnya lagi saya juga bisa tahu cara menarik uang di ATM tanpa adanya kartu seandainya dompet saya tidak ketinggalan mustahil saya dapat mengetahui menarik ATM tanpa adanya kartu.

 

Tarik Uang Tunai Harus Dari ATM

Melakukan penarikan tunai adalah satu-satunya transaksi yang tidak dapat  dilakukan dari aplikasi mobile banking bank manapun, apakah itu bank BUMN atau bank swasta. Argumentasi yang cukup sederhana karena HP tentunya tidak dapat beternak uang alias dapat mengeluarkan uang jadi mustahil bisa menarik uang kita dari HP tsb. Namun jika kita ketinggalan kartu ATM masih bisa melakukan aplikasi lewat mobile banking  untuk mempermudah proses tarik tunai di ATM, hampir semua bank sudah melengkapi fitur yang memanjakan nasabah ini. Sebab apabila bank tidak update teknologi tentunya dikhawatirkan akan ditinggalkan nasabah.

Di aplikasi BTN dan BNI Mobile yang biasa saya gunakan, ada pembaruan aplikasi dengan mobile banking menarik uang tanpa kartu. Jika kita lihat pada versi baru BTN dan BNI  Mobile banking sekilas memang tidak tampak perubahan apapun, hanya terlihat biasa-biasa saja tetapi kenyataannya ketika dalam kondisi darurat dompet saya ketinggalan barulah saya merasakan manfaatnya aplikasi mobile banking menarik tunai tanpa kartu tsb.

Tampilan baru BTN dan BNI Mobile Banking memang luar biasa. Hanya saja saya sebagai nasabah masih merasa gaptek untuk menggunakannya kalau tidak kepepet seperti ini saya tidak bakalan bisa menggunakan menarik tunai tanpa kartu. Menurut saya setelah saya mempraktekkan Tarik tunai ATM BTN dan BNI tanpa kartu, saya sebagai nasabah benar-benar dapat merasakan manfaatnya dan takjub dengan adanya teknologi yang amat mutakhir ini. Saran saya agar pihak Bank BTN maupun BNI melakukan gencar sosialisasi bagaimana caranya menggunakan fitur mobile banking Tarik tunai ini kepada nasabah agar tidak kagok dan tidak gagap ketika dalam kondisi darurat dihadapkan tarik tunai tanpa kartu.

Demikian semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Sobat Ingin Belajar Hukum Yang Baik dan Benar Rajinlah membaca Blog Hukum dan Ketatanegaraan ini dan Tinggalkanlah Komentar Yang Baik.

HUKUM, KETATANEGARAAN DAN KONSTITUSI

ALUN-ALUN PATI YANG BERSIH DAN INDAH YANG MEMILIKI TAGLINE KOTA BUMI MINA TANI

                                                         Alun-Alun, Pati, Jawa-Tengah   Pati Jawa-Tengah kini terus berbenah untuk mewujudka...

Pak Jokowi, Kami Dosen Belum Menerima Tunjangan Covid-19